Akun Ojek Online Kena Hack

Akun ojek online gue kena hack!!!!!!!

p4dtoiuvfis36

Seumur-umur gue belom pernah ngerasain yang namanya dihack. Padahal akun-akun online gue banyak banget loh, saking banyaknya sampai kadang gue yang lupa sendiri nama akunnya atau lupa passwordnya…

Dan di minggu ini, gue baru sadar kalo akun ojek online gue dihack orang! Kejadian dihacknya sendiri udah minggu lalu, tapi gue beneran ga ngeh dan baru sadarnya tuh kemaren malem yang mana udah super telat!! Hahaha..

Begini ceritanya…

Gue emang suka banget pake app ojek online yang satu ini buat delivery makanan, karena gue orangnya pemalas banget kalo urusan beli makan diluar (read : males angkat pantat & ganti baju buat beli makanan, even cuma jarak secuil juga tetep males! Mending istirahat kumpulin tenaga buat kerja besok).

Hampir setahun pakai app ini ga pernah ada masalah. Memang sih sebelom-sebelomnya gue selalu bayar pakai duit cash dan ga pernah pake sistem deposit/saldo karena mikirnya ribet juga kalo mesti inepin duit di sana, toh ga setiap hari mesen juga kan..

Nah pas minggu kemarin akhirnya gue tergiur promo di app itu, makanya gue isi deh saldo 100rb. Promonya kalo bayar via deposit bakalan gratis ongkir food delivery-nya yang mana lumayan banget kan, siapa sih yang ga suka gratisan?! Rencana gue isi emang cuma buat iseng coba-coba pake sistem saldo, dan medit aja guenya ga mau bayar ongkir makanya gue cuma isi secukupnya aja..

Akhirnya gue pesen deh tuh makanannya, total habis 63rb jadi masih ada sisa dong 37rb…

Gak lama, malemnya jam setengah satuan gitu tiba-tiba ada yang nelpon ke nomer gue yang terdaftar di app itu.. Ternyata telpon dari driver app ojek online itu, mau konfirmasi ke gue. Dia tanya apa bener gue ada pesen layanan belanja trus pesenannya pulsa 20rb beli di al**midi.

Gue waktu itu sama sekali ga ada pikiran jelek apa-apa.. Gue mikirnya ahh palingan dia salah nelpon kali (karena dihari yang sama beberapa jam sebelumnya gue ada pakai jasa ojek online juga kan).. Mana tau dia salah mencet, mau nelpon siapa eh nelponnya ke gue..

Setelah gue bilang berkali-kali sama drivernya kalo gue ngga mesen, dan drivernya kayanya uda cape juga karena dia berkali-kali juga ngomong kalo pesenannya itu dari akun gue, akhirnya drivernya bilang

“Ya udah bu, saya cancel aja ya pesenannya…”

Gue pun ga curiga, dan langsung gue okein…

Besokannya gue emang mau mesen makanan lagi, trus pas dibuka kok keluar notif session expired terus, gue masih selow.. Gue pikir ah palingan ini emang error aja dari sananya, toh emang ini app terkenal suka crash/error..

Gue cek saldo gue juga ga bisa, loadernya (yang lingkaran itu..) muter-muter mulu..

Akhirnya gue pun mesen makanan pake app ojek di handphone lain.. Nah pas disini gue udah merasa agak aneh sih, nah kok di handphone lain bisa di gue kok engga? *gak terima kerusakan ada di HP gue dong*..

Lagi-lagi gue berusaha positive thinking… Ah palingan handphone gue aja yang emang lagi ngadat atau kali aja appnya pilih-pilih mau error di handphone yang mana *mulai absurd*

Besokannya dicoba lagi, masih aja kaya gitu *habis kesabaran*

Akhirnya gue pikir, ah coba aja login ulang mana tau bisa… Ehh password gue dibilang salah dong! Sampe 3x pulak, trus malah kena ban sementara wkwkwk… Padahal gue yakin 100% kalo password gue yang itu tuh bener.. Mau ga mau akhirnya pake fitur lupa password..

Di app ini, kalo kita request password, dia bakal kirim link untuk ubah password via email. Pas gue cek email gue, kok dia tulis nama gue salah yaaaa…

Hi Ridho…

Lah Ridho? who the F is he????

Lagi-lagi gue mikir… Ahhh mungkin ini sistemnya aja yang kacrut…

Setelah recovery password, gue coba login di app, ehhhh bisaaaaaaaa!!!

Trus pas diperhatiin… Kok ada yang aneh yaaaa????

Saldo gue kok tinggal 3.500 yaaaa??????

Buru-buru cek history… Ada aja dong 2 transaksi tidak dikenal! Dua-duanya request beli pulsa 20rb di al**midi!!! Yang satu dicancel, yang satunya berhasil aja dong..

Dan tiba-tiba semuanya menjadi jelas………Jelas-jelas kena hack…

Kampret!!!!

Ternyata setelah driver ojek cancel orderan dia (setelah konfirmasi ke gue dan gue bilang bukan gue yang order), si hacker masih belom menyerah dan kembali place order lagi.. Dan gue ga tau gimana, driver kedua ini sama sekali gak konfirmasi dulu ke gue, trus langsung main beliin aja tu pulsa pake saldo gue!

Kampret x10000000000!!!

Emang sih nilainya gak seberapa, cuma 33.500 aja.. tapi tetep aja kezellllll!!!

Pertamanya dilema, mau komplain ga yah.. Mau komplain kok ya mesti ngabisin pulsa lagi buat telepon ke CSnya padahal ya cuma buat duit 33.500 doank (cina medit)… Mau ga komplain, kok ya kesel! Hahahaa..

Akhirnya gue komplain deh daripada nyesek di dada~! Dan seperti biasa CSnya ngasih jawabannya template alias udah ketebak itu jawaban dia tinggal baca doang… Disampaikan team IT lah, nanti ditangani lah, blablabla… Phew… Yawes lah yang penting keluh kesah gue ini ada yang dengerin…

Gue sih sebenernya ga ngarep kok tuh duit 30rb bakal balik, cuma gue kesian aja perusahaan yang bagus begitu dimanfaatkan sama tuti-tuti (read: tukang tipu) reseh . Gue sih berharapnya sistem dia dibagusin lagi kek atau gimana… At least dengan adanya laporan gue, dia bakalan notice kan kalo sistemnya dia MASIH ada celah.. Despite bantahan officialnya yang ada di media…

“Bukan sistem kami yang kebobolan”…. Yeah… Right…..

Seriously, I hate TUTI!!!

Setelah gue google, eh ternyata korbannya banyak yah, ada yang hitungan puluhan ribu, sampe ratusan ribu… Ada yang duitnya buat beli Jco, sampe buat ngeborong rokok… Sigh….

Pelajarannya, yang pertama lain kali ngga usah isi saldo banyak-banyak di akun ojek/taxi online. Seperlunya aja! Biasakan sisa saldo ga lebih dari 20rb… Atau kalo lo ga pelit kayak gue (yang termakan promo gratis ongkir) mending bayarnya pakai cash aja….

Pelajaran kedua, untuk password akun online, biasakan ada kombinasi huruf kapital, dan angka…

Contoh : PasswordGue123 atau 19PasswordGueniH28

Dengan semakin banyak kombinasi (huruf kecil, huruf kapital, angka, dan kalo support selipkan juga special characters seperti *-.) password kita akan semakin susah untuk dihack orang..

Pelajaran ketiga, sebisa mungkin password tiap akun dibuat beda.. Misal di app ojek A passwordnya cuteabis123 jangan sampe app ojek B juga passwordnya cuteabis123.. Lebih parah lagi kalo sampe password email lo juga ternyata cuteabis123.. Kebayang gak kalo berhasil dihack satu akun, malah bisa jadi kena semua akun? Termasuk email yang mana penting banget kerahasiaannya karena email tuh portal kemana aja…

Jangan sampe yah…. *knock on wood*

Akhir kata, buat Ridho atau siapapun anda dengan nomer handphone 082292079490 selamat menikmati pulsa 20rb nya yah!!! Jangan bangga kamu berhasil ngehack, karena sudah selayaknya kamu tunduk muka, malu-maluin emak bapakmu saja kamu nih duit pulsa aja ngembat…

 

 

Iklan

6 pemikiran pada “Akun Ojek Online Kena Hack

  1. Huwaw, berarti emang bener ya ceritanya akun gojek lagi banyak kena hack. Tips amannya sih memang ga usah pake gopay dulu kali ya, cash aja, supaya ga ada celah buat dimainin sama orang. Mending ga ikutan promo daripada duit dipake orang beli pulsa dan rokok hahahah

    Suka

    • Kemaren itu sempet kebobolan katanya databasenya.. Iyaaa cc bukan masala nominalnyaaa tapi kezel yaa duid ilang dimaling gitu ajaaaa grrrrrr.. sekarang jadi parno deh mau isi saldo lagi, padahal kan kalo bayar pake saldo gratis biaya delivery.. galaw!! hahaha

      Suka

    • Hi Putri, seharusnya bisa balik sih saldo kamu. Waktu itu saya disuruh isi form lalu saldonya balik. Kalo ga salah formnya dikirim via email setelah lapor ke CS. Semoga bisa balik ya saldo kamu.. Passwordnya keganti nggak?

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s