[Review] Jakarta Mega Gym : Gold’s Gym VS Fitness First

Di awal bulan December kemarin ini gue resmi menanggalkan gelar anak selatan dan pindah ke kutub utara (baca: Pluit). Hal yang paling bikin gue sedih, gue harus say goodbye ke Fitness First Oakwood yang udah jadi home gym sejak gue pindah ke Jakarta.

Like seriously, I love FF Oakwood so damn much.. It was really comfortable for me working out there… *put a sad face on*

Karena gue stay di teluk ijo, Gold Gym jadi pilihan satu-satunya. Ga pake acara trial, langsung sign up satu tahun penuh. So mau ga mau, harus bisa comfortable work out disitu.. harus!

Kalo lo goggling review GG rata-rata kebanyakan hasilnya post tentang marketing GG… Yang nipu lah, yang ngomong ngasih ini itu ujung-ujungnya di charge lah… yang janji ngasih merchandise taunya ga pernah ngasih dengan alasan ‘pusat’…. endesbre endesbre.. Untungnya gue (so far) belom ngalamin kejadian ga ngenakin dari si marketing… Mungkin karena gue udah tau juga yah what to expect…

Semua yang gue tulis ini murni berdasarkan pengalaman gue gym di GG selama satu bulan, dan selama kurang lebih 2.5 tahun di FF Oakwood.

Lets get started 💪

1. Marketing dan harga

Mungkin karena marketing GG tau gue udah tahunan jadi anggota di mega gym, dia ga pake banyak omong langsung bawa gue liat2 alat dan tempat. Lalu dia langsung keluarin price single club dan all club. Dia juga langsung kasih tau promo apa yang berlaku.

FYI, promo yang gue dapet itu bayar full 1 tahun, bonus free 2 bulan. Dan kalo pegang member TRUST (membernya Ranch/Farmers Market) gue dapet tambahan free 1 bulan lagi.

Merchandise yang gue dapet cuma gym bag Reebok dan itu langsung dapet habis bebayaran.

FYI lagi, bagi yang bingung kok harga GG bisa beda-beda.. Yang pertama, harga member GG gak bakalan naek tiap tahunnya. So, misalkan ada yang join dari jaman dia di harga 200rb ya sampe GG tutup dia bakal kena rate yang sama.

Kedua, kalo dulu ada tuh harga club with towel dan club with no towel alias tiap gym lo bawa handuk sendiri-sendiri. Kalo ga salah bedanya sekitar 100rb an, cuma katanya sekarang udah ga ada jenis membership ini.

Ketiga, dulu ada juga membership di GG yang cuma dapet gym seminggu 3 atau 4x gitu dan harinya ditentuin. Misal : selasa kamis jumat minggu… Katanya sih sekarang udah ga ada juga..

Keempat, beda lokasi katanya emang ada beda harga dikit.. Express vs normal, atau promo baru buka GG baru juga biasanya cheaper..

Gue sih dapet marketing yang lumayan oke, yang mana ga banyak bluff, dan ga banyak janji2 manis doang.. Straight to the points which I like..

Kalo di FF, pertama kali sign up dapet merchandise lebih banyak. Tas, handuk kecil, botol minum, dan earphone.

Dari segi harga, FF jauh lebih mahal bok! Tapi semua FF cabang manapun harga pasti akan selalu sama. Beda harga cuma kalo kalian sign up single club atau all club, dan kalau single club dibedakan juga gym platinum atau yang standard.

Waktu di FF jujur gue ada pengalaman ga enak sama marketing disana…

Jadi waktu itu si marketing janji ke gue bakal kasih gue duffel gym bag (gym bag FF yang termahal) kalo gue bisa bantu dia dapet 5 member lagi. Akhirnya gue bujukin temen-temen kantor gue ngegym di FF.. Ternyata gue dikibulin doang sama tuh marketing. Orang udah sign up, eh tasnya ga dapet-dapet.. Berbulan-bulan alesannya sama, belom dikasih dari pusat.. lame excuse banget deh.. Gue pun sampe bosen nagih, dan sampe tuh marketing resign gak ada tuh cerita gue dapet gym bag wkwkwk..

Gue ga ngomong semua marketing GG baik, dan marketing FF tukang kibul semua.. Toh disemua mega gym pasti ada lah satu dua oknum nakal gitu.. Intinya hati-hati deh kalo mereka udah mulai janji-janji manis.. biasanya sih palsu! *lirik sinis*.. Inti dari cerita di atas adalah : ga usah ngarep kalo dia janji ini itu.. nanti malah baper hahahaha..

2. Complimentary

GG cuma sediain handuk dan air mineral doank.. yes, cuma itu doang!

Kalo di FF ada handuk dan minumannya lebih banyak. Ada mineral water, coffee, green tea, black tea…. Bahkan kalo lo gym di FF platinum mereka juga sediain baju gymnya! Lumayan banget itu.. Dulu habis pulang gym gue suka penuhin tumbler pake green tea wkwkwkwk #gamaurugi

3. Equipment

Nah ini nih yang paling penting! Dari kelengkapan, jumlah dan kondisi alat jujur gue lebih suka FF. Kalo di GG tempat gue, ga tau kenapa rata-rata udah berkarat. Jadi pas dimaenin ada sound effect ngikk ngikk ngikkk.. *elap keringet*.. udah gitu kurang lengkap lagi. Ga ada barbell pad, so kalo lo orang mao squat diharapkan ngemodal ye.. Harap bawa pad masing-masing! Trus ngga ada printilan macam abs roller, ankle strap, jenis pegangan cable yang ada juga standar abis..

Kalo di FF ga ada yang karatan, dan juga sering diminyakin.. so jarang banget ada alat yg bengek ngik ngik begitu.. dan tarikannya mulusss wkwkkwkw aduh gue kek review apaan aja ya ckckck..

Trus di GG juga jenis alatnya standar banget, kalo di FF ada beberapa yang multifungsi..

Again ini berdasarkan pengalaman gue di GG baywalk yaaaa gue ga tau kalo cabang lain bijimana..

Satu hal yang gue lebih demen di GG itu adalahh kettle bellnya wkwkkw.. Di FF kettle bell segede bagong jadi beneran kaya bola basket dari besi 😂😂😂

4. Activity

Dari jenis kelas, hampir-hampir sama sih. Cuma di FF lebih sering adain event. Trus dia juga ada group training, mulai dari muay thai, HIIT circuit training, dll bareng PT dan gretongggg! Catat yahhh gretong!!! Kalo di GG ya cuma kelas yang standar mega gym gitu, ada RPM, yoga, body combat, zumba etc etc..

Kesimpulannya, gue pribadi lebih suka equipment dan kelas di FF… Gue gak bilang GG jelek yah, untuk mega gym ya udah oke lah, hanya kalo disuruh milih gue lebih ke FF..

Semoga bermanfaat yah!!

Iklan